Jawaban 5 soal uts mata kuliah etika dan tasauf,semester IV,2009-2010
Mata kuliah:etika dan tasauf dan fiqh muamalah
Dosen: Dr. Sukron Kamil.MAg
Jurusan: healing dan konseling
Fakultas: psikologi dan pendidikan
Penyusun:
Dra Darmawaty Malik
Tgl: 29 April 2010
Jawaban 5 soal uts mata kuliah etika dan tasauf,semester IV,2009-2010
Tgl 29 april 2010
1) Apakah ahlak seseorang dalam Islam dapat diubah? Mengapa?
Pengertian akhlak yang lebih jelas disampaikan oleh para filosof etika klasik seperti Ibn Masawaihahlak atau karakter adalah keadaan jiwa yang melahirkan tindakan tanpa pikir atau dipertimbangkan secara mendalam,baik yang alamiah maupun karena tercipta melalui kebiasaan atau latihan
dan AlGhazaliahlak adalah ungkapan mengenai keadaan jiwa yang kuat yang darinya lahir berbagai perbuatan dengan mudah, tanpa memerlukan berpikir lagi merupakan gambaran aspek batin seseorang
Ibn Maskawaih dan Al-Ghazaliahlak merupakan karakter seseorang yang dalam bentuk ekstrimnya sudah menjadi sesuatu yang spontan,seringkali sulit dikendalikan karena sudah terbentuk oleh karena pembiasaan namunahlak seseorang dapat diubah karena prosre pembiasaan ,latihan atau pendidikan berkaitan dengan beberapa hadist yang menjelaskan ahlak baik akan lahir karena latihan dan usaha termasuk doa HR:Abu Hurairah RA:manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah yang cenderung menganut agama yang lurus.Mereka memilk kecenderungan untuk mengenal Tuhan berpihak pada kebenaran,berbuat kebajikan,dan menghindari sifat yang menyimpang fitrah atau kecenderungan alamiah ini perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan,pembelajaran dan pengarahan
2) Secara epistemology, apa perbedaan etika Islam dengan etika secular? Jelaskan,minimal 2 alasan.
o Ilmu ahlak(etika Islam) sumber(epistemologi)nya yang berasal terutama dari alquran dan hadist.Namun demikian ,karakteristik ilmu ahlak atau etika Islam yang berbeda dalam sumbernya , bukanlah satu-satunya yangmembedakan. Sesungguhnya yang membedakan ilmu ahlak dengan etika dengan etika umum adalah,selain sumbernya, juga cakupan(ontology) dan tujuan(aksiologi)
o Karena ukuran utama atau sumbernya adalah kitab suci alquran dan hadist, maka ilmu ahlak berbeda dengan etika secular.
3) Jelaskan 3 hal yang menarik dalam konsep etika dalam kong hu chu terutama dilihat dari Islam dan kekinian
Pergi menyendiri/beribadah meditasi/yoga
Menghadiri pertmuan terbuka dan diberi kursus-kursus ahlak
Petugaspemerintah,ulama,pakar-pakar harus melaksanakan ahlaq mulia dalam kehidupan sehari-hari
4) Apakah Islam menolak seluruhnya teori etika hedonism?
Hedonismapa yang menjadi hal yang terbaik bagi manusia aristipos dari kyrene(433-355SM),murid sokrates tujuan akhir manusia bersifat badani ada batasnya,pengendlian diri,menguasai menurut kehendak kita,tidak perlu dengan susah payah
Tubuh manusia merupakan asas serta akar dari segala kesenangan dan akibatnya kesenangan badan harus dianggap paling hakiki kebebasan dari nyeri dalam tubuh kita dan kebebasan dari keresahan dalam jiwa kesenangan rohani merupakanbentuk kesenangan jasmani yang diperhalus
epikuros 3 macam keinginan
o alamiah yang perlu(makan) pemuasan terbatas pola hidup sederhana terlepas dari keinginan mencapai ataraxia ketenangan jiwa,jiwa seimbang tujuan hidup manusia disamping kesenangan berperan bagi jiwa, kesehatan badani
o keinginan alamiah tidak perlu(makan enak)
o keinginan sia-sia(kekayaan)
hedonism,manusia menurut kodratnya mencari kesenangan dan menghindari ketidak senangan
hedonism sulit dipertanggungjawab kanetis/tidak
contoh,ibu teresia meninggalkan fisik untuk berbuat baik
Islam puasatersiksa untuk mencapai kebaikan jadi bila dilihat dari mencapai kesenangan tertentu Islam menyetujui
5) Bagaimana anda menjelaskan ikhlas dan syukur sebagai salah satu etika kepada Allah?
Syukur terima kasih kepada Allah menerima kasih tuhan/pemberian tuhan dalam hati terefleksi dalam lisan dan tindakan persoalan sikap hidup hatinaik bus/jalan kaki hidup mengalir menimati syukur
azabKu sangat berat kalau tidak bersyukur ada beban/tekanan baru stress/stroke nikmat yang ada azab
syukur sikap hatialhamdulillah keabadianrasionalisasikan kelebihan yang dimiliki identitas diri lihat dunia jangan terlalu melihast akan menimbulkan hasadliri/dengki
bagaimana memandang nikmat Allah lebih berharga peran syukur dalam menghadapi kemiskinan
Allah senang apabila pemberianNya dipakai
Firman Allah:
QS: 14:Ibrahim ayat:7
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan” sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku menambah(nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari( nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku pasti sangat berat
Keikhlasan dalam berbakti kepada Allah mempunyai imbas kepada kebaikan dan kebenaran seluruh kehidupan, yang dalam budi luhur akan mewujud nyata dalam sifat bertindak,berpikir, tulus dan jujur,tidak curang, dan berbicara yang benar.Ketulusan pangkal kesungguhan, dan kesungguhan adalah landasan kesuksesan.
Ikhlas adalah berserah diri kepada Allahkewajiban manusia beribadah hanya kepada Allah SWT, dengan ikhlasdan pasrah,tidakboleh beribadah kepada apapun dansiapapun selain Allah,mengikuti ketentuanNya sebagaimana yang diajarkan dan dicontohkan RasulNya.
Setelah berusaha optimal,terprogram ,terencana berdasarkan strategi yang terencana sesuai tujuan dan target yang akan dicapai,hasil diserahkan kepada Allah, bila berhasil,kontribusikan sebagian bagi kemanusiaan, dan bila gagal maka kegagalan adalah peluang merubah musibah menjadi anugrah/berkah,mewujud nyata dalam sikap berpikir dan bertindak.Ikhlas landasan kesuksesan hidup optimis(ar-raja’) ,etika kepada Allah
Firman Allah:
QS: 98:al-bayyinah:5
Padahal mereka diperintah hanya menyembah Allah dengan ikhlas,mentaatiNya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan solat dan menunaikan zakat,dan yang demikan itu agama yang lurus(benar).
Fiqh muamalah
Jawaban 5 soal uts fiqh muamalah
1. Dalam mata kuliah ini yang dimaksud fiqh muamalah, bukan saja hukum ekonomi Islam, tapi sosial, terangkan!
Pengertian dan prinsip etis muamalat adalah bekerja,saling bekerja muamalah saling berinteraksi sosial
Fiqh muamalah adalah fiqh yang membahas interaksi sosial, antara individu dan individu atau kelompok sosial lain individu dengan kelompok
Kelembagaan,kelompok sosial dalam hukum Islam ada penyempitan,supaya hak masing –masing anggota masyarakat terpelihara dan juga menjaga kemashalahatan umum,agar interaksi dapat berjalan lancar dan teratur
Muamalah interaksi ekonomi
Fiqh mengalami penyempitan agama dengan teraturnya muamalat,penghidupan manusia jadi terjamin,sehingga de3ndam dan perbantahan dikurangi
2. Apa yang membedakan ekonomi kapitalis dengan ekonomi Islam. Jelaskan tiga saja!
Kapitalisme modal->pahamsistem akumulasi modal sebagai tujuan sistem ekonomi yang serakah M.Weber dipengaruhi 3 gagasan
Hak memilikidiakui Islam pembatasan milik tidak dikenal kecuali untuk air,garam dan rumput medianya jual-beli terserah
Persingan yang utama
Rasionalisme
Perbedaan ekonomi kapitalis dan Islam
ekonomi kepemilikan persaingan rasionalisme
kapitalis sistem akumulasi modal sebagai tujuan sistem ekonomi yang serakah alienasiketrasingan dari kreativitas/dirinya sendiri masa bodo orang lain Untung terus serakah
berasumsi bahwa inisiatif individu ditambah dengan pembuatan keputusan yang terdesentralisasi dalam suatu pasar yang kompetitif sebagai syarat utama untuk mewujudkan efisiensi optimum dalam alokasi sumberdaya ekonomi perdagangan bebas
kebebasan individu yang tak terhambat dalam mengaktualisasikan kepentingan diri sendiri dan kepemilikan atau pengelolaan kekayaan pribadi sebagai suatu hal yang sangat penting bagi inisiatif individu Ilmu ekonomi konvensional sangat memegang teguh asumsi bahwa tindakan individu adalah rasional. Berdasarkan paham ini, tindakan individu dianggap rasional jika tertumpu kepada kepentingan diri sendiri (self interest)[10] yang menjadi satu-satunya tujuan bagi seluruh aktivitas. Dalam implementasinya, rasionaliti ini dianggap dapt diterapkan hanya jika individu diberikan kebebasan dalam arti yang seluas-luasnya, sehingga dengan sendirinya di dalamnya terkandung individualisme dan liberalisme. Adam Smith menyatakan bahwa tindakan individu yang mementingkan kepentingan diri sendiri pada akhirnya akan membawa kebaikan masyarakat seluruhnya karena tangan tak tampak (invisible hand) yang bekerja melalui proses kompetisi dalam mekanisme pasar.[11] Oleh karena itu, kapitalisme sangat menjunjung tinggi pasar yang bebas dan menganggap tidak perlu ada campur tangan pemerintah.[12]
Islam tidak materialistik, ia senantiasa memperhatikan anjuran syariat untuk berbuat kebajikan untuk masyarakat, oleh karena itu ia baik hati, suka menolong, dan peduli kepada masyarakat sekitar. Ia ikhlas mengorbankan kesenangannya untuk menyenangkan orang lain. (QS 2: 215; QS 92: 18-19). Motifnya dalam berbuat kebajikan kepada orang lain, baik dalam bentuk berderma, bersedekah, menyantuni anak yatim, maupun mengeluarkan zakat harta, dan sebagainya, tidak dilandasi motif ekonomi sebagaimana dalam doctrine of social responsibility, tetapi semata-mata berharap keridhaan Allah SWT.
Persaingan selama sehat diakui perilakunya rasional jika konsisten dengan prinsip-prinsip Islam yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang seimbang. Tauhidnya mendorong untuk yakin, Allah-lah yang berhak membuat rules untuk mengantarkan kesuksesan hidup.
3. Bisakah menjelaskan teori penentuan harga dan monopoli dalam Islam
4. Jual-beli dalam Islam tidak boleh ada penawaran dan permintaan yangdirekayasa(tadlis dan taqhrir). Jelaskan tiga saja.
Tadlis(penipuan)dalam kuantitas/kualitas/harga/waktu penyerahan contoh:pedagang mengurangi takaran barang yang dijualnya/menyembunyikan cacat barangnya
Taghrir situasi ketidak pastian keduabelah pihak,yang terjadi dalam 4 halkuantitas/kualitas/harga/waktu penyerahan contoh,kasus ijon,dimana penjual menyatakan akan membeli buah yang belum tampak dipohon seharga x terjadi ketidak pastian mengenai berapa kuantitas buah yang dijual, karena memang tidak disepakati dari awal bila panen 100 kg,harganya x,panen 50 k harganya x, tidak panen juga x.
Ikhtikarpenimbunan menyimpan/menahan barang supaya langka dipasaran,ketika masyarakat butuh dikeluarkan,dengan harga melambung untuk keuntungan sendiri kecuali seperti bulog
5. Apakah bunga bank sama dengan riba atau tidak. Analisis dengan menggunakan teori riba dalam fiqh dan pandangan ulama.
Teori riba dalam fiqh
Riba fadli(menukarkan dua barang sejenis dengan tidak sama kualitasnya,kuantitas,waktu penyerahannya,termasuk barang ribawi)
Riba nasi’ah:penangguhan penyerahan atau penerimaan jenis barang rbawi yang ditukarkan dengan barang ribawi lainya,adanya perbedaan,perubahan atau tambahan barang antaryang diserahkan hari ini dengan barang yang diserahkan kemudian
Riba jahiliyah: utang dibayar melebihi pokok pinjaman,karenapeminjam tidak mampu membayar pinjaman tepat waktu
Riba qardl riba rentenir
Pandangan beberapa cedikawan dan ulama
• Dalam keadaan darurat bunga bank halal
• Hanya bunga yang berlipat ganda saja dilarang,sedangkn suku bunga yang wajar dan tidak menzalimi diperkenankan
• Bank sebagai lembaga,tidak masuk dalam kategori mukallaf.Dengan demikian tidak terkena khitab dan hadis riba
Jadi bunga bank adalah riba masih kontroversi.
6. Apa yang dimaksud musyarakah dan bagaimana pelaksanaannya dibank syariah, serta apa pula yang diaksud Ba’i bilistishna dan contoh kasusnya
Musyarakah(usaha patungan)
a. Investasi datangdari semua mitra usaha
b. Semua mitra usaha dapat berprtisipasi dalam menejemen perusahaan
c. Semua mitra berbagi dalam keuntunan dan kerugian sebatas proporsi investasinya
Aplikasinya dalam perbankan syariah adalah pembiayaaan proyek oleh bank bersama nasabah atau bank dengan lembaga keuangan lainnya dimana bagian dari bank atau lembaga keuangan lainnya diambil alih oleh pihak lain dngan cara mengangsur
Ba’I istisnaa’(pesanan)
o Perjanjian jual beli dimana pembeli memesan kepada penjual untuk membuat suatu barang yang dikehendakinya supaya disiapkan dalam waktu tertentu dengan harga dan cara bayar yang ditetapkan perjanjian jual beli ini adalah atas barang yang akan dibuat oleh penjual
o Contoh, pembeli memesan sebuah lemari pada penjual dengan harga 2 juta rupiah untuk disiapkan dan diserahkan dalam tempo satu bulan.Penjual hendaknya menyerahkan lemari itu pada tanggal yangditetapkan semasa perjanjian berlaku
o Jual beli secara pesanan member kemudahan kepada masyarakt supaya mereka dapat membeli barang sesuai rupa, bentuk, jenis,desain yang mereka sukatanpa terikat dengan jual beli secara tunai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar