Minggu, 14 Agustus 2011

Jawaban 5 soal uts mata kuliah etika dan tasauf,semester IV,2009-2010, UAI

Jawaban 5 soal uts  mata kuliah etika dan tasauf,semester IV,2009-2010
Tgl 29 april 2010

1)      Apakah ahlak seseorang dalam Islam dapat diubah? Mengapa?
Pengertian akhlak yang lebih jelas disampaikan oleh para filosof etika klasik seperti Ibn Masawaihàahlak atau karakter adalah  keadaan jiwa yang melahirkan tindakan tanpa pikir atau dipertimbangkan secara mendalam,baik yang alamiah maupun karena tercipta melalui kebiasaan atau latihan
 dan AlGhazaliàahlak adalah ungkapan mengenai  keadaan jiwa yang kuat yang darinya  lahir berbagai perbuatan  dengan mudah, tanpa memerlukan berpikir lagià merupakan gambaran aspek batin seseorang
Ibn Maskawaih dan Al-Ghazaliàahlak merupakan karakter seseorang yang dalam bentuk ekstrimnya sudah menjadi sesuatu yang spontan,seringkali sulit dikendalikan karena sudah terbentuk oleh karena pembiasaanà namunahlak seseorang   dapat diubah karena prosre pembiasaan ,latihan atau pendidikanà berkaitan dengan beberapa hadist yang menjelaskan ahlak baik akan lahir karena latihan dan usaha termasuk doaà[1]HR:Abu Hurairah RA:manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah yang cenderung menganut agama yang lurus.Mereka memilk kecenderungan  untuk mengenal  Tuhan berpihak  pada kebenaran,berbuat kebajikan,dan menghindari sifat yang menyimpangà fitrah atau kecenderungan alamiah ini perlu ditumbuhkembangkan  melalui proses pendidikan,pembelajaran dan pengarahan

2)      Secara epistemology, apa perbedaan etika Islam dengan etika secular? Jelaskan,minimal 2 alasan.
o   Ilmu ahlak(etika Islam) sumber(epistemologi)nya yang berasal terutama dari alquran dan hadist.Namun demikian ,karakteristik ilmu ahlak atau etika Islam yang berbeda dalam sumbernya , bukanlah satu-satunya  yangmembedakan. Sesungguhnya yang membedakan ilmu ahlak dengan etika dengan etika umum adalah,selain sumbernya, juga cakupan(ontology) dan tujuan(aksiologi)
o   Karena ukuran utama atau sumbernya adalah kitab suci alquran dan hadist, maka ilmu ahlak berbeda dengan etika secular.

3)      Jelaskan 3 hal yang menarik dalam konsep etika dalam kong hu chu terutama dilihat dari Islam dan kekinian
'                     Pergi menyendiri/beribadahà meditasi/yoga
'                     Menghadiri pertmuan terbuka dan diberi kursus-kursus ahlak
'                     Petugaspemerintah,ulama,pakar-pakar harus melaksanakan ahlaq mulia dalam kehidupan sehari-hari

4)      Apakah Islam menolak seluruhnya teori etika hedonism?
Hedonismàapa yang menjadi hal yang terbaik bagi manusiaà aristipos dari kyrene(433-355SM),murid sokratesà tujuan akhir manusiaà bersifat badanià ada batasnya,pengendlian diri,menguasai menurut kehendak kita,tidak perlu dengan susah payah
è Tubuh manusia merupakan asas serta  akar dari segala kesenangan dan akibatnya kesenangan badan harus dianggap paling hakikià kebebasan dari nyeri dalam tubuh kita dan kebebasan dari keresahan dalam jiwaà kesenangan rohani merupakanbentuk kesenangan jasmani yang diperhalus
è epikurosà 3 macam keinginan
o   alamiah yang perlu(makan)à pemuasan terbatasà pola hidup sederhanaà terlepas dari keinginanà mencapai ataraxiaà ketenangan jiwa,jiwa seimbangà tujuan hidup manusia disamping kesenanganà berperan bagi jiwa, kesehatan badani
o   keinginan alamiah tidak perlu(makan enak)
o   keinginan sia-sia(kekayaan)
è hedonism,manusia menurut kodratnya mencari kesenangan dan menghindari  ketidak senangan
è hedonism sulit dipertanggungjawab kanàetis/tidakà
contoh,ibu teresiaà meninggalkan fisikà untuk berbuat baik
Islamà puasaàtersiksaà untuk mencapai kebaikanà jadi bila dilihat dari mencapai kesenangan  tertentu  Islam menyetujui

5)      Bagaimana anda menjelaskan ikhlas dan syukur sebagai salah satu etika kepada Allah?
Syukurà terima kasih kepada Allahà menerima kasih tuhan/pemberian tuhan dalam hatià terefleksi dalam lisan dan tindakanà persoalan sikap hidupà hatinaik bus/jalan kakià hidup mengalirà menimatià syukur
è azabKu sangat beratà kalau tidak bersyukur ada beban/tekanan baruà stress/strokeà nikmat yang ada à azab
è syukur sikap hatiàalhamdulillahà keabadianàrasionalisasikan  kelebihan yang dimilikià identitas dirià lihat duniaà jangan terlalu melihastà akan menimbulkan hasadliri/dengki
è bagaimana memandang nikmat Allahà lebih berhargaà peran syukur dalam menghadapi kemiskinan
è Allah senang apabila pemberianNya dipakai

Firman Allah:
QS: 14:Ibrahim ayat:7
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan” sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku menambah(nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari( nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku pasti sangat berat
[2]Keikhlasan dalam berbakti kepada Allah mempunyai imbas kepada kebaikan dan kebenaran seluruh kehidupan, yang dalam budi luhur akan mewujud nyata dalam sifat bertindak,berpikir, tulus dan jujur,tidak curang, dan berbicara yang benar.Ketulusan pangkal kesungguhan, dan kesungguhan adalah landasan kesuksesan.


Ikhlas adalah berserah diri kepada Allahàkewajiban  manusia beribadah hanya kepada Allah SWT, dengan ikhlasdan pasrah,tidakboleh beribadah kepada apapun dansiapapun selain Allah,mengikuti  ketentuanNya sebagaimana yang diajarkan dan dicontohkan RasulNya.
Setelah berusaha optimal,terprogram ,terencana berdasarkan strategi yang terencana sesuai tujuan dan target yang akan dicapai,hasil diserahkan kepada Allah, bila berhasil,kontribusikan sebagian bagi kemanusiaan, dan bila gagal maka kegagalan  adalah peluang merubah musibah menjadi anugrah/berkah,mewujud nyata dalam sikap berpikir dan bertindak.Ikhlas landasan kesuksesan hidup[3]à [4]optimis(ar-raja’) ,etika kepada Allah
Firman Allah:
QS: 98:al-bayyinah:5
Padahal mereka diperintah hanya menyembah Allah dengan ikhlas,mentaatiNya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan solat dan menunaikan zakat,dan yang demikan itu agama yang lurus(benar).










Fiqh muamalah
Jawaban 5 soal uts fiqh muamalah

1.      Dalam mata kuliah ini yang dimaksud fiqh muamalah, bukan saja hukum ekonomi Islam, tapi sosial, terangkan!
Pengertian dan prinsip etis muamalat adalah bekerja,saling bekerjaà muamalah saling berinteraksi sosial
Fiqh muamalah adalah fiqh yang membahas interaksi sosial, antara individu dan individu atau kelompok sosial lainà individu dengan kelompok
è Kelembagaan,kelompok sosialà dalam  hukum Islam ada penyempitan,supaya hak masing –masing anggota masyarakat terpelihara dan juga menjaga kemashalahatan umum,agar interaksi dapat berjalan lancar dan teratur
Muamalahà interaksi ekonomi
Fiqhà mengalami penyempitanà agamaà dengan teraturnya muamalat,penghidupan manusia  jadi terjamin,sehingga de3ndam dan perbantahan dikurangi

2.      Apa yang membedakan ekonomi kapitalis dengan ekonomi Islam. Jelaskan tiga saja!
Kapitalismeà modal->pahamàsistem akumulasi modal sebagai tujuanà sistem ekonomi yang serakahà M.Weberà dipengaruhi 3 gagasan
*        Hak memilikiàdiakui Islamà pembatasan milik tidak dikenal kecuali untuk air,garam dan rumputà medianya jual-belià terserah
*        Persinganà yang utama
*        Rasionalisme

Perbedaan ekonomi kapitalis dan Islam

ekonomi
kepemilikan
persaingan
rasionalisme
kapitalis
sistem akumulasi modal sebagai tujuanà sistem ekonomi yang serakahà alienasiàketrasingan dari kreativitas/dirinya sendirià masa bodo orang lain
Untung terusà serakah
berasumsi bahwa inisiatif individu ditambah dengan pembuatan keputusan yang terdesentralisasi dalam suatu pasar yang kompetitif sebagai syarat utama untuk mewujudkan efisiensi optimum dalam alokasi sumberdaya ekonomià perdagangan bebasà
kebebasan individu yang tak terhambat dalam mengaktualisasikan kepentingan diri sendiri dan kepemilikan atau pengelolaan kekayaan pribadi sebagai suatu hal yang sangat penting bagi inisiatif individu
Ilmu ekonomi konvensional sangat memegang teguh asumsi bahwa tindakan individu adalah rasional. Berdasarkan paham ini, tindakan individu dianggap rasional jika tertumpu kepada kepentingan diri sendiri (self interest)[10] yang menjadi satu-satunya tujuan bagi seluruh aktivitas. Dalam implementasinya, rasionaliti ini dianggap dapt diterapkan hanya jika individu diberikan kebebasan dalam arti yang seluas-luasnya, sehingga dengan sendirinya di dalamnya terkandung individualisme dan liberalisme. Adam Smith menyatakan bahwa tindakan individu yang mementingkan kepentingan diri sendiri pada akhirnya akan membawa kebaikan masyarakat seluruhnya karena tangan tak tampak (invisible hand) yang bekerja melalui proses kompetisi dalam mekanisme pasar.[11] Oleh karena itu, kapitalisme sangat menjunjung tinggi pasar yang bebas dan menganggap tidak perlu ada campur tangan pemerintah.[12]

Islam
tidak materialistik, ia senantiasa memperhatikan anjuran syariat untuk berbuat kebajikan untuk masyarakat, oleh karena itu ia baik hati, suka menolong, dan peduli kepada masyarakat sekitar. Ia ikhlas mengorbankan kesenangannya untuk menyenangkan orang lain. (QS 2: 215; QS 92: 18-19). Motifnya dalam berbuat kebajikan kepada orang lain, baik dalam bentuk berderma, bersedekah, menyantuni anak yatim, maupun mengeluarkan zakat harta, dan sebagainya, tidak dilandasi motif ekonomi sebagaimana dalam doctrine of social responsibility, tetapi semata-mata berharap keridhaan Allah SWT.

Persaingan selama sehat diakui
perilakunya rasional jika konsisten dengan prinsip-prinsip Islam yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang seimbang. Tauhidnya mendorong untuk yakin, Allah-lah yang berhak membuat rules untuk mengantarkan kesuksesan hidup.




3.      Bisakah menjelaskan teori penentuan harga dan monopoli dalam Islam

4.      Jual-beli dalam Islam tidak boleh ada penawaran dan permintaan yangdirekayasa(tadlis dan taqhrir). Jelaskan tiga saja.


Tadlis(penipuan)àdalam kuantitas/kualitas/harga/waktu penyerahanà contoh:pedagang mengurangi takaran barang yang dijualnya/menyembunyikan cacat barangnya

Taghrir àsituasi ketidak pastian keduabelah pihak,yang terjadi  dalam 4 halàkuantitas/kualitas/harga/waktu penyerahanà contoh,kasus ijon,dimana penjual menyatakan akan membeli buah yang belum tampak dipohon seharga xà terjadi ketidak pastian mengenai  berapa kuantitas buah yang dijual, karena memang tidak disepakati dari awalà bila panen 100 kg,harganya x,panen 50 k harganya x, tidak panen juga x.

Ikhtikaràpenimbunanà menyimpan/menahan barang supaya langka dipasaran,ketika masyarakat butuh dikeluarkan,dengan harga melambungà untuk keuntungan sendirià kecuali seperti bulog

5.      Apakah bunga bank sama dengan riba atau tidak. Analisis dengan menggunakan teori riba dalam fiqh dan pandangan ulama.
Teori riba dalam fiqh
*        Riba fadli(menukarkan dua barang sejenis dengan tidak sama kualitasnya,kuantitas,waktu penyerahannya,termasuk barang ribawi)
*        Riba nasi’ah:penangguhan penyerahan atau penerimaan jenis barang rbawi yang ditukarkan dengan barang ribawi lainya,adanya perbedaan,perubahan atau tambahan barang antaryang diserahkan hari ini dengan barang yang diserahkan kemudian
*        Riba jahiliyah: utang dibayar melebihi pokok pinjaman,karenapeminjam tidak mampu membayar pinjaman tepat waktu
*        Riba qardlà riba rentenir

Pandangan beberapa cedikawan dan ulama
·         Dalam keadaan darurat bunga bank halal
·         Hanya bunga yang berlipat ganda saja dilarang,sedangkn suku bunga yang wajar dan tidak menzalimi diperkenankan
·         Bank sebagai lembaga,tidak masuk dalam kategori mukallaf.Dengan demikian tidak terkena khitab dan hadis riba
è Jadi bunga bank adalah riba masih kontroversi.

6.      Apa yang dimaksud musyarakah dan bagaimana pelaksanaannya dibank syariah, serta apa pula yang diaksud Ba’i bilistishna dan contoh kasusnya
Musyarakah(usaha patungan)
a.       Investasi datangdari semua mitra usaha
b.      Semua mitra usaha dapat berprtisipasi dalam menejemen perusahaan
c.       Semua mitra berbagi dalam keuntunan dan kerugian sebatas proporsi investasinya
Aplikasinya dalam perbankan syariah adalah pembiayaaan proyek oleh bank bersama nasabah atau bank dengan lembaga keuangan lainnya dimana bagian dari bank atau lembaga keuangan lainnya diambil alih oleh pihak lain dngan cara mengangsur
Ba’I istisnaa’(pesanan)
o   Perjanjian jual beli dimana pembeli memesan kepada penjual untuk membuat suatu barang yang dikehendakinya supaya disiapkan dalam waktu tertentu  dengan harga dan cara bayar yang ditetapkan à perjanjian jual beli ini adalah atas barang yang akan dibuat oleh penjual
o   Contoh, pembeli memesan sebuah lemari pada penjual dengan harga 2 juta rupiah untuk disiapkan dan diserahkan dalam tempo satu bulan.Penjual hendaknya menyerahkan lemari itu pada tanggal yangditetapkan semasa perjanjian berlaku
o   Jual beli secara pesanan member kemudahan kepada masyarakt supaya mereka dapat membeli barang sesuai rupa, bentuk, jenis,desain yang mereka sukatanpa terikat dengan jual beli secara tunai


[1] Najati,Utsman,Muhammad,2004,psikologi dalam perspektifhadist,Jakarta,PT Pustaka al-husna baru,hal 264-265
[2] Kamil,Sukron,2006,ekonomi Islam lanjutan,diktat,Jakarta, makalah fungsi dan dampak nilai keruhanian dalam kepemimpinan dan kewirausahaan,(nurcholis majid1996,yayasan paramadina),universitas muhammadiyah Jakarta,
[3] Majid,Nurcholish,26 November 1996, makalah fungsi dan dampak positif nilaikeruhanian dalam kepemimpinan  dan kewirausahaan,Jakarta,Yayasana paramadina, hal 5
[4] Kamil,Sukron,2007,teori etika Islam,Jakarta, unversitas paramadina,hal.141-142

Jawaban 5 soal uts  mata kuliah etika dan tasauf,semester IV,2009-2010





Mata kuliah:etika dan tasauf dan fiqh muamalah
  Dosen: Dr. Sukron Kamil.MAg
Jurusan: healing dan konseling
Fakultas: psikologi dan pendidikan
    Penyusun:
Dra Darmawaty Malik

Tgl:  29 April 2010







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar